Infografis APBDes Pilangpayung ada di Website Desa

Selama ini kita mungkin sudah sering mendengar kata infografis, apa to infografis itu?

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information + Graphics adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

Menyampaikan informasi secara visual juga sudah dikenal sejak lama, seperti pada zaman manusia purba dimana banyak terdapat lukisan di dalam gua yang menggambarkan suatu kejadian. Peneliti mengatakan bahwa penyampaian informasi secara visual memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teks, karena manusia dapat jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan. Salah satu alasannya adalah informasi yang ditangkap secara visual akan diproses sekaligus oleh otak, berbeda dengan informasi yang disampaikan via teks, dimana informasi akan diproses secara linear (dari awal kalimat hingga ke ujung kalimat).

Infografis memiliki banyak manfaat untuk penyampaian informasi. Pada era dimana informasi sangat membludak, para audience memiliki keterbatasan waktu dan energi untuk memahami maupun membaca informasi yang disampaikan. Itulah sekilas pengertian infografis yang kami kutip dari http://houseofinfographics.com.

Di desa sebagaimana amanat Undang- Undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang telah diatur dalam aturan pelaksananya dengan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 dalam Pasal 52 menyebutan bahwa “ Kepala Desa menginformasikan secara tertulis dan dengan media informasi yang mudah diakses oleh masyarakat mengenai penyelenggaraan Pemerintahan Desa kepada masyarakat Desa”.  juga dalam pasal Pasal 127 ayat (2 ) huruf e. menyebutkan : “mengembangkan sistem transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan pembangunan Desa

Jadi kepala desa berkewajiban untuk menyampaikan masalah hal informasi dan transparansi penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan pembangunan Desa , karena hal tersebut Camat Toroh Drs. Muhamad Arifin, telah mengintruksikan kepada semua desa agar membuat infografis APBDes pada setiap tahunnya.  Karena dengan infografis APBDes dapat memberikan gambaran arah kebijakan pemerintah desa secara visual sehingga lebih mudah diterima masyarakat.

Desa Pilangpayung untuk melaksanakan amanah tersebut telah melaksanakan kegiatan dengan pembuatan Infografis setiap tahunnya, namun selama ini baru dipasang di depan balai desa, sehingga masih sedikit masyarakat yang mengakses informasi tersebut. Pada tahun ini dalam era kepemimpinan Kepala Desa perempuan pertama di Desa Pilangpayung, yang di emban oleh Ibu Rihantini, dengan didampingi Sekretaris Desa Bp. Bambang Supriyanto, SH telah berpacu untuk tidak ketinggalan dengan desa lainnya, mulai mengembangkan Sistem Informasi Desa dengan membuat Website desa yang servernya disediakan Diskominfo Grobogan, dengan alamat website di http://pilangpayung-grobogan.desa.id. Dalam sidebar website tersebut telah diupload Infografis APBDes Pilangpayung secara statis, sehingga bisa diakses oleh semua masyarakat yang mengunjungi website tersebut.

Masyarakat luas akan mengetahui arah kebijakan pembangunan desa yang dilaksanakan setiap tahunnya, yang akan berdampak saling bersinergi antara masyarakat dengan pemerintah desa untuk melaksanakan pembangunan di desa. Masyarakat pun akan merasa memiliki setiap hasil pembangunan, dan mereka pun akan rela untuk melestarikan hasil- hasil pembangunan tersebut seperti dalam pepatah Jawa  “ rumangsa handerbeni mula kudu hangrungkebi” . Keterbukaan informasi merupakan salah satu bagian untuk mewujudkan cita- cita masyarakat Pilangpayung yang sejahtera lahir batin . admin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*